Warning bagi pemilik kendaraan yang mesin mobilnya cepat panas atau suhu temperatur cepat panas! jangan pernah sekali-kali meremehkan masalah ini dan akibat terparah dari mesin mobil yang cepat panas adalah kecelakaan, mobil bisa mogok tiba-tiba atau bahkan tiba-tiba mesin berhenti ditengah kecepatan tinggi dan pastilah nyawa taruhannya.Namun ada juga mobil disaat jalan tiba-tiba mesin mati, mogok dan berhenti ditengah jalan hal ini juga bisa disebabkan karena decoil / coil yang sudah tidak normal, coil yang bermasalah disaat mesin dalam keadaan panas yang terjadi adalah mesin mati, jika mesin sudah dingin bisa dihidupkan lagi.
Pada umumnya masalah suhu mobil cepat panas biasanya dialami kendaraan yang umurnya sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada kendaraan yang masih baru sekalipun, hal ini mengingat banyak mobil yang suka diakal-akal oleh oknum demi kepentingan harga lebih murah dari persaingan antar penjual mobil baru, demi selisih 1 hingga 3 juta per unit beberapa onderdil diganti dengan kualitas kw 2 dst, dan yang original disimpan untuk dijual lagi.
Berdasar pengalaman seperti kampas rem dan cakram yang baru sebulan sudah nge-blong, setelah ditelisik ternyata spart part tersebut bukan original alias kw 3. Jadi, berhati-hatilah memilih penjual, jangan terpancing dengan harga yang lebih murah namun beresiko.
Dan berikut ini beberapa penyebab mesin mobil cepat naik:
Selalu pastikan bahwa radiator dalam kondisi baik, ‘ tidak bocor ‘ , ‘ tidak tersumbat ‘ , ‘ tidak berkerak ‘ , termasuk selang atau yang berhubungan langsung dengan radiator. Jika karena radiator maka bawalah ke spesialis radiator atau jika perlu ganti dengan yang baru. Ingat! bahwa cairan dalam radiator jarang berkurang apabila dalam kondisi bagus.
2. Cairan Radiator
Air biasa / air sumur / air tanah didalamnya banyak terkandung logam atau mineral, dalam waktu yang terus-menerus akan menyebabkan ‘ kerak ‘ pada elemen adiator. Carilah air yang bebas logam, lebih baik dengan air hasil sulingan AC atau air dalam kemasan dan cairan coolant radiator. Namun jika sudah bertahun-tahun menggunakan air biasa lalu anda ganti dengan cairan coolant bisa jadi malah merontokkan kerak dalam radiator sehingga bisa menyumbat.
Jika menggunakan non coolant maka maksimal sebulan sekali harus diganti, saya jamin belum 1 bulan air pasti sudah berubah warna dan keruh. (perawatan berkala)
Jika menggunakan coolant, pastikan anda memilih yang berkualitas dan secara berkala diganti.
3. Kualitas Oli dan Oli Cepat Berkurang
Oli tidak berkualitas tidak akan tahan panas, karena tidak tahan terhadap panas secara otomatis oli akan menguap dan berkurang, mesin yang kekurangan oli menyebabkan kinerja mesin lebih kasar karena gesekan, dan gesekan yang terus-menerus membuat suhu mesin cepat dan lebih panas dari normalnya.
Jika oli cepat berkurang bukan karena oli yang jelek, pastikan mesin tidak bocor, tidak berasap putih.
4. Kipas Trouble
Jika 3 hal diatas normal, maka pastikan kipasnya berjalan normal dan termasuk switching otomatis yang terdapat pada kipas pendingin. Bisa jadi putaran kipas lemah, switching otomatis rusak, yang seharusnya berputar dia malah mati.
5. Gangguan Mesin
Gangguan mesin disini mengacu pada poin 3 (mesin kekurangan oli), dan masih banyak gangguan mesin yang lain seperti kerusakan pada komponen mesin, dll
6. Thermostat
Thermostat adalah indikator alat pengukur suhu yang terdapat pada mesin, pastikan thermostat dalam kondisi baik, thermostat yang rusak tidak akan menghasilkan akurasi temperatur yang tepat.
Sedikit tambahan lagi yang saya satukan menjadi satu postingan supaya anda tidak capek mencari thread tentang radiator ini
Radiator adalah salah satu bagian vital dari sebuah kendaraan fungsinya tidak lain yaitu sebagai pendingin dari kinerja mesin
Itu saja yang saya tau tentang radiator
mungkin karna wanita gak pernah salah :D
hahahahaha...lupakan tentang wanita kita kembali lagi ke topik :)ya kali ini kita akan bahas beberapa alasan mengapa radiator cepat bocor
ya seperti yang dikatan mas agoes ( KetuaEltitusi ) *
- Radiator sudah tua sehingga kropos
- Penggantian air dengan coolant bisa mengakibatkan kerak yang ada didalam radiator tersebut luruh
- Karet aus atau retak sehingga menyebabkan radiator bocor dan membuat air berkurang drastis
- Kebanyakan air pada tampungan sehingga air pada radiator berkurang karena tidak ada sirkulasi udara dan tidak bisa menyerap air dari tampungan
jika anda mengalami panas radiator nah coba simak cara yang berikut ini
- hentikan mobil ditempat yang aman [ jangan lupa pasang lampu hati-hati ] posisikan kopling ke netral
- lalu kurangi RPM atau nyalakan mesin pada putaran rendah saja sehingga mengurangi kinerja pada mesin. Agar mesin cepat dingin
- kalau sudah dingin [ cek di speedometer ] kemudian cek volume air dalam radiator . 1 yang paling penting yang harus anda ingat yaitu ketika radiator masih panas atau ada uap-uap air jangan sekali sekali anda mencoba membukanya karna kemungkinan berbahaya jika mengenai bagian badan anda
- setelah dicek mulai cek satu persatu mulai dari selang radiator, radiator itu sendiri, tutup radiator , cek juga apakah kipas masih lengkap atau tidak
- jika tidak memungkinkan untuk berjalan atau anda takut karna ampere panasnya tidak mau turun silahkan hubungi bengkel terdekat
sekian dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua
PENYEBAB MESIN CEPAT PANAS ATAU SUHU TEMPERATUR MESIN MOBIL CEPAT NAIK
Reviewed by Unknown
on
September 23, 2016
Rating:
No comments: